Skip to main content

Hey Kamu!

Hey kamu yang sedang terluka!
Mengapa kau menutupinya?
Malam itu kau teteskan air mata tulusmu.
Kukira kau hendak tunjukkan luka itu.
Tapi tidak.
Kau menunjukkanku sebuah luka indah yang baru saja kau bangun sendiri.
Setiap lekukan, pondasi, lorong, hingga atap kau bangun dengan sedemikian apiknya.
Sangat apik hingga ku terlarut dan teresap dalam pedih itu.
Kutawarkan panasea, kau kata tak ada gunanya.

Hingga mataku terbuka dan tersadar bahwa luka yang baru kau bangun merupakan simbol perkenalan untukku.
Sebuah mahakarya yang perih.
Terasa begitu nyata hingga setiap goresannya terukir di tubuhku.
Pantaskah kumarah karena kau gambarkan sebuah lukisan penderitaan di tubuh jiwaku?
Atau kuharus berterima kasih atas keindahan ukiran pedih yang kelak akan menjadi nikmat kau kata.

Semakin lama semakin hilang kemampuanku dalam mengendalikan kesadaran, hingga

Getaran suaraku tak mampu lari dari tenggorokanku.
Mataku tak mampu menangkap kilauan cahaya maupun warna lagi.
Telingaku menjadi tuli. Tanganku mati rasa bahkan untuk merasakan tali tambang yang kau ikatkan begitu kencang di pergelanganku.

Tiada lagi panas maupun dingin,
Hitam maupun putih,
Keras maupun lembut,
Benci maupun cinta,
Material maupun immaterial,
Jiwa maupun tubuh,
Semuanya menjadi eksistensi yang satu.

Barulah kau tunjukkan padaku lukamu yang sebenarnya.
Kau memberiku sebuah luka agar aku dapat mengerti lukamu rupanya.
Agar kudapat merasakan pahit yang kau rasakan.

Sungguh, setiap lara dalam sayatan ini menjadi nikmat kala kau berkata kita menumbuhkan hal yang sama, kita memiliki ukiran yang sama.

Ternyata kepulihan itu datang ketika dua keperihan bersapa.
Kebahagiaan itu tumbuh dalam ladang kesengsaraan.
Dan kenikmatan itu menjadi nyata ketika kita terkubur dalam tanah hitam yang sama.

Terima kasih untuk memberikanku ukiran luka manis ini, menyobeknya hingga ke dagingku, dan menusuknya dalam ke jiwaku.

Luka yang kau miliki kini menjadi buku favoritku.
Dan kuharap luka yang kau berikan padaku kelak akan menjadi buku favoritmu.

Untukmu yang malam itu berbagi luka bersamaku.

Comments

Popular posts from this blog

Rekonstruksi Realitas Dalam The Truman Show

     The Truman Show merupakan film yang mencerikatan tentang bagaimana seorang lelaki, Truman Burbank (Jim Carrey), yang sebenarnya lahir, dan tumbuh dalam pertunjukan televisi. Pada akhir filmnya, Truman berusaha untuk mengetahui batas “panggung” pertunjukannnya, dan keluar dari pertunjukan televisi tersebut. Pengambilan sudut pandang kamera dalam film ini juga menggunakan sudut pandang kamera tersembunyi. Sepanjang film juga ditayangkan iklan (beer, coklat) untuk memperjelas posisinya sebagai pertunjukan televisi komersial.   The Truman Show secara tersirat juga menggambarkan bagaimana realitas yang ada di sekeliling kita, sejak kita lahir hingga tumbuh dewasa, merupakan hasil konstruksi yang dibuat oleh orang-orang di sekitar kita. Kita memercayai sesuatu ketika banyak orang yang juga percaya akan hal itu. Seperti yang dikatakan Christof, “we accept the reality of the world with whick we’re presented. It’s as simple as that” [ Scene ketika Cristof menjelaskan Mika, mengapa Truman...

Are We Really Change?

“You have changed” “You’re not the same person I used to know” “Now you’re just somebody that I used to know” Those lines that we used to hear in each critical conflict between couple, bestfriend, or I should said in a dramatical situation. Sometimes, change could be a big challenge, that you have to sacrifice something important in your life, saying yes to one thing that means no to many things, standing on the different perspective of your life. If we looked into how a person that totally out of shape of his body could turned into a deadly strong and shaped one. How? Sacrifice. He sacrifice his time, fatigue, he conquered himself to be a better one. He believed that you don’t have to be great to start, but you have to start to be great. He believed in progress, that everything has a process. The more he trained, the bigger progressed he will received. Train makes progress, progress makes perfect. The more you open your mind, the more often you change your perspecti...

Shattered Glass dan Jurnalistik

  Film Shattered Glass (2003) yang disutradai Billy Ray ini menceritakan tentang seorang jurnalis muda bernama Stephen Glass (Hayden Christensen) yang bekerja di New Republic. Harian New Republic ini lebih cenderung ke arah politik, dan menjadi media acuan para petinggi politik dan pihak kepresidenan. Film ini memberikan perspektif bagaimana cerita di ruang editorial koran ini sendiri. Ketegangan ini bermula ketika pihak hotel menelpon pihak koran mengenai detail dalam berita tulisan Stephen yang dinilai salah. Micheal, selaku editor dalam struktur redaksi tersebut, memanggil Stephen untuk memastikan tulisannya. Stephen akhirnya mengaku, dia tidak memverifikasi data tersebut kembali, melainkan hanya menyimpulkan apa yang dia lihat dan menjadikannya sebagai fakta untuk bahan berita. Micheal tidak memecat Stephen atas apa yang ia lakukan. Micheal memang dikenal dalam lingkup redaksi tersebut sebagai sosok editor yang selalu melindungi pegawainya atas karya-karya mereka, dan bertanggu...