Skip to main content

Dariku, Yang Baru Saja Mati


Setiap detik yang terbunuh oleh detik lainnya
Hari yang terbunuh oleh hari lainnya
Tahun yang terbunuh oleh tahun lainnya
Masa depan yang kelak akan membunuh masa kini

Entah siapa yang memiliki kuasa
Apakah pihak-pihak kapital itu? Ataukah waktu?
Bukankah kita semua kelak akan dibunuh oleh waktu?
Adakah di antara kalian yang juga merasa dipermainkan oleh waktu?
Adakah yang lelah selalu dikejar oleh waktu?

Kita makan siang dan makan malam
Di saat yang sama, siang dan malam pun memakan kita
Menjadikan adanya keberadaan lampau
Yang sebenarnya sudah mati
Aku yang tadi siang sedang makan, sudah mati
Ia sudah mati
Aku yang beberapa tahun yang lalu lulus sekolah pun sudah mati
Apalagi Aku yang sempat dilahirkan oleh perempuan itu, kami sudah sama-sama mati
Dibunuh oleh waktu

Hanya tersisa saat ini
Saat ini pun waktu terus sibuk mencincang kami
Terus membunuh kami
Berkali-kali
Lelahkah kalian mati secara terus-menerus?

Aku yang mati, kamu yang mati, dia yang mati, kami yang mati
Kami semua mati bersama para waktu yang terbunuh oleh waktu lainnya
Bersemayam menjadi lalu, dulu, kala itu, saat itu
Tak pernah menjadi tiada, tetap ada
Hanya saja telah mati
Mereka kalah, tertinggal, terinjak, tertindas, dan mati

Saat ini kan selalu jadi pemenang
Menjadi pihak yang bisa memilih, bisa berpikir, bisa merenung, bisa bernapas
Para pemenang pun senantiasa hidup bersama para pecundang
Mereka dari masa lalu
Karena kelak para pemenang pun akan menjadi yang kalah dan mati
Berbagi kuburan bersama pecundang terdahulu

Jika ada di antara kalian yang sedang membaca tulisan ini, maka percayalah, penulisnya telah mati
Ia telah dikalahkan oleh waktu
Untuk kalian yang masih menjadi pemenang, selamat dihabisi oleh waktu
Kutunggu kekalahan dan kematian kalian
Masa lalu selalu hadir bagi para pecundang

Comments

Popular posts from this blog

Rekonstruksi Realitas Dalam The Truman Show

     The Truman Show merupakan film yang mencerikatan tentang bagaimana seorang lelaki, Truman Burbank (Jim Carrey), yang sebenarnya lahir, dan tumbuh dalam pertunjukan televisi. Pada akhir filmnya, Truman berusaha untuk mengetahui batas “panggung” pertunjukannnya, dan keluar dari pertunjukan televisi tersebut. Pengambilan sudut pandang kamera dalam film ini juga menggunakan sudut pandang kamera tersembunyi. Sepanjang film juga ditayangkan iklan (beer, coklat) untuk memperjelas posisinya sebagai pertunjukan televisi komersial.   The Truman Show secara tersirat juga menggambarkan bagaimana realitas yang ada di sekeliling kita, sejak kita lahir hingga tumbuh dewasa, merupakan hasil konstruksi yang dibuat oleh orang-orang di sekitar kita. Kita memercayai sesuatu ketika banyak orang yang juga percaya akan hal itu. Seperti yang dikatakan Christof, “we accept the reality of the world with whick we’re presented. It’s as simple as that” [ Scene ketika Cristof menjelaskan Mika, mengapa Truman

Komentar terhadap Paradigma Naratif

Rangkuman Paradigma naratif merupakan salah satu teori yang ditemukan oleh Walter Fisher di mana manusia dipercaya sebagai makhluk pencerita, dan pertimbangan akan nilai, emosi, dan estetika menjadi dasar keyakinan dan perilaku kita. Manusia cenderung lebih mudah terbujuk oleh cerita yang bagus daripada argumen yang bagus. Menceritakan kisah juga merupakan esensi dari sifat dasar manusia. Lahirnya paradigma naratif menyebabkan pergeseran paradigma, di mana sebelumnya masyarakat secara umum lebih sering menggunakan paradigma rasional. Keduanya seringkali dijadikan pembanding dan untuk membedakan, di mana paradigma rasional seringkali dimaknai dengan logos sebagai logika, dan paradigma naratif dengan mitos sebagai kisah dan emosi. Paradigma naratif memberikan sebuah alternatif dari paradigma dunia rasional tanpa menegasi rasionalitas tradisional. Fisher juga menegaskan bahwa cerita, atau mitos, terkandung di dalam semua usaha komunikasi manusia (bahkan yang melibatkan logika) kare

Arranged: Menghidupkan Tradisi dalam Masyarakat Plural

Perbenturan budaya, dalam konteks positif ataupun negatif, dalam kota metropolitan menjadi hal yang biasa terjadi. Film Arranged yang ditulis oleh Stefan Schaefer menghadirkan fenomena ini dalam bentuk persahabatan antara Rochel Meshenberg, seorang Yahudi Ortodoks, dengan Nasira Khaldi, seorang Muslim keturunan Suria. Brooklyn, New York, menjadi latar belakang dari berlangsungnya hubungan mereka. Film independen asal Amerika yang diproduksi oleh Cicala Filmworks ini membuka narasi dengan menunjukan bagaimana Rochel dan Nasira yang bekerja sebagai guru baru di sebuah sekolah umum menghadirkan identitas yang berbeda dari guru-guru lainnya. Identitas Yahudi dan Islam yang dihadirkan sempat dijadikan sorotan oleh murid-murid dan kepala sekolah mereka. Persahabatan mereka pun diwarnai dengan bagaimana mereka bercerita tentang tradisi yang dimiliki masing-masing, hingga masalah perjodohan beserta dilemanya yang dimiliki keduanya. Rochel sebagai Yahudi Ortodoks harus menentukan pilihan atas